Perbankan akar segala ketidakadilan zaman ini

Buku Baru keluaran Pustaka Adina adalah Karangan Abdul Halim Orr, Abdulsamad Clark dan delapan penulis lainnya, mereka adalah Muslim bule Eropah yang sangat memahami konteks masyarakat modern. Sepuluh orang yang tulisannya diikat ke dalam buku ini terlahir sebagai non-Muslim, dan menjadi Muslim setelah dewasa. Mereka lahir dan dibesarkan di Eropa, khususnya di Inggris.
Riba adalah kejahatan. Riba menjadi dominan dan kekuatannya luar biasa karena institusi buatan segelintir pelakunya mewadahi riba dalam sebuah sistem: perbankan. Ya, perbankan adalah penggerak dan pemelihara riba. Maka, perbankan adalah akar segala kezaliman di zaman ini, sebagaimana ditunjukkan oleh buku ini.
Namun sebagaimana yang membunuh bukanlah sepucuk pistol, tetapi orang yang menarik pelatuknya, maka yang bertanggung jawab atas segala kezaliman ini bukanlah benda mati bernama bank, melainkan orang-orang yang mengoperasikannya. Perbankan adalah kejahatan, dan para bankir adalah para penjahatnya.

Kemualafan dan keeropaan mereka memberikan sudut pandang, dan bobot, yang bagus dan penting untuk tema buku ini. Buku ini sendiri juga sangat penting karena mengenai (perkembangan) riba. Buku ini menjelaskan berbagai tahap perkembangan dan fakta-fakta historisnya, dan praktek serta akibatnya bagi masa hidup kita, khususnya dalam konteks Eropa.
Namun demikian manfaatnya bagi kita yang ada di benua lain ini, sama nilainya, karena sistem kehidupan kita hari ini pun praktis datang dari sana. Riba telah dilegalkan di Eropa. Riba juga telah dilegalkan di Indonesia. Riba merajalela di Belanda. Riba juga merajalela di Indonesia.
Kabar baiknya, sistem riba yang batil, dan tidak dilandasi oleh sesuatu yang nyata, tidak selamanya ada. Dan tidak akan terus ada selamanya. Sejarah di Eropa, dan di bagian dunia lainnya, menunjukkan ada cara hidup yang bebas riba. Manusia bisa hidup tanpanya. Ada modus-modus sosial dan ekonomi yang terbukti berjalan dengan lebih baik ketika riba diharamkan.
Di sisi lain, merajalelanya riba, dilegalkannya riba, sekitar 300 tahun terakhir ini, khususnya dalam 50 tahun terakhir masa “kapitalisme lanjut” ini, telah menunjukkan kerapuhan dan pembusukannya.

Jika berminat hubungi WA 0813 8859 3171, Ready Stock. Rp 75.000. Terima dirham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *