Pesantren Muamalah Tembeling

1 July 2015

Komentar

2
 July 1, 2015
 2
Kategori Artikel

Pesantren Muamalah Tembeling merupakan Imarah di bawah Kesultanan Bintan Darul Masyhur di bawah kepemimpinan Sultan Haji Huzrin Hood.  Pesantren Muamalah telah diresmikan oleh Paduka Sultan.  Berlokasi di Teluk Bintan yang indah.  Berikut ini beberapa aktifitas yang saat ini dapat dilakukan di Pesantren Muamalah:

1.  Berkebun di Pesantren

Berkebun Tembeling

Berkebun di Tembeling

Ini adalah kegiatan penuh manfaat yang membuat badan sehat dan kembali hidup di alam. Aktifitas ini sebaiknya dilakukan pada saat musim hujan karena di luar musim hujan tanah nya keras. Berbagai teknik berkebun seperti permakultur dapat diujicobakan di Pesantren ini. Siapapun bebas datang dan mengolah tanah. Seperti hal nya Pasar dan Masjid yang keduanya merupakan wakaf, Pesantren ini juga merupakan tanah wakaf dari seorang dermawan. Karena itu berlaku Sunnah di Pasar, Sunnah di Masjid, Sunnah pula di Tanah Wakaf.

 

2. Makan Bersama di Tengah Suasana Alam yang Asri dan Hening

makan-bersama-tembeling

Makan bersama di Pesantren

Ini adalah saat di mana kita lepas sejenak dari kepenatan hidup di kota untuk kembali menyegarkan pikiran yang jenuh oleh berbagai macam persoalan. Sejenak lupakan waktu yang berjalan karena di tempat ini waktu serasa berhenti. Begitulah yang dirasakan oleh orang-orang yang pernah berkunjung ke Pesantren ini khususnya dan pulau Bintan umumnya.

 

3. Tanam Pohon di Tembeling

pesantren muamalah

Sultan dan Amir Menanam Pohon

Menanam pohon di Pesantren Muamalah telah dipelopori oleh Paduka Sultan. Penanaman pohon ini dimaksudkan supaya nantinya Pesantren sebagai tempat tinggal dipenuhi dengan makanan. Kepeloporan Sultan ini diteruskan oleh rakyatnya. Saat ini jumlah pohon yang ditanam sudah mencapai 25 lebih pohon buah-buahan.

 

 

4. Menebar Benih Ikan di Kolam Pesantren

Tebar Benih Ikan

Tebar Benih Ikan

Kolam ikan air tawar telah dibuat di Pesantren Muamalah Tembeling. Sebagai langkah pertama, Sultan telah menebar benih ikan nila sebanyak 300 ekor. Bagi yang ingin beramal menebar benih ikan secara langsung dapat membeli benih ikan untuk ditebar di kolam pesantren Muamalah ini. Diharapkan setelah ikan berukuran cukup besar, dapat menjadi sumber makanan bagi yang tinggal di Pesantren ini. Cadangan yang cukup dari buah-buahan dan protein ikan air tawar adalah sumber gizi yang baik bagi para Muhajirin dan Ansar yang nantinya akan tinggal di Pesantren ini.

 

 

5. Buah yang dipetik langsung dari pohon

Panen Pisang Tembeling

Panen Pisang Tembeling

Tentu tidak ada buah yang manis dan lezatnya melebihi buah yang dipetik langsung dari pohonnya. Berbeda dari buah-buahan yang dibeli di pasar yang dipetik selagi muda dan melewati jalur distribusi yang penuh riba, buah yang dipetik langsung dari kebun ini benar-benar manis dan lezat rasanya. Saat ini buah dan sayur dapat kita peroleh dari kebun yang berlokasi di tanah wakaf Pesantren yang saat ini dikelola oleh Pak Badrun dan keluarganya. Pak Badrun yang ramah dan dengan senang hati membagikan ilmu berkebunnya kepada para Muhajirin yang berniat serius untuk mengolah tanah wakaf Pesantren Muamalah pada khususnya dan juga tanah di sekitar Pesantren dengan cara bagi hasil panen sesuai Amal Madinah.

 

6. Menginap di Pesantren Muamalah Tembeling

Rumah Tembeling

Rumah Tembeling

Tembeling Sunrise

Tembeling Sunrise

Menginap satu malam di Pesantren Muamalah Tembeling utamanya pada saat ini adalah memiliki banyak faidah dan manfaat. Suasana yang hening di malam hari adalah sangat cocok untuk dzikir dan perbincangan keilmuan. Berbagai persoalan berat insya Allah dapat ditemukan solusi dan pemecahannya setelah menginap di Pesantren ini. Gambaran langkah ke depan untuk pribadi dan umat menjadi pemikiran utama para Amir yang telah merasakan indahnya menginap di Pesantren Muamalah ini. Setelah semalam menginap, dapat menikmati indahnya pagi di kala terbit mentari pagi.

Demikian aktifitas yang saat ini dapat dilakukan di Pesantren Muamalah Tembeling. Aktifitas yang telah diuraikan di atas selain merupakan Amal Saleh memakmurkan Pesantren, juga sebagai rekreasi. Adapun rekreasi lain yang dapat dilakukan di sekitar lingkungan Pesantren adalah sebagai berikut:

1.  Berenang di danau bekas galian tambang pasir

Renang di Danau

Renang di Danau

Danau ini berada tak jauh di belakang Pesantren. Danau ini air nya sejuk dan jernih. Berenang di danau ini selain baik untuk kesehatan juga utamanya adalah Sunnah Rasulullah salalahu’laihiwasalam. Danau ini adalah aman untuk digunakan berenang dan tempatnya tenang dan memberi kesan kedamaian. Bagi yang sudah pernah berenang di kolam ini. Hidup di alam menjadi keindahan yang sangat berkesan dan tidak terlupakan.

 

2. Menikmati keindahan danau bekas tambang

Danau bekas tambang

Danau bekas tambang

Danau ini dapat dilihat dari bagian atas. Di belakang danau adalah teluk. Penduduk setempat membuatkan tempat duduk untuk menikmati pemandangan. Namun hati-hati karena lokasi tempat duduk yang dekat dengan tebing. Disarankan untuk tidak selfi di tempat ini karena khawatir terjatuh dari tebing yang tinggi. Cukup dilihat saja untuk sejenak dinikmati keindahan ciptaan Allah subhanahuwata’ala dan tidak untuk berlama-lama.

 

3. Teluk dengan pemandangan Gunung Bintan

Gunung Bintan

Gunung Bintan

Gunung Bintan adalah tempat penuh dengan misteri. Keindahannya dapat dinikmati dari sebuah pulau yang terpisah dari pulau Bintan namun tidak jauh dari Pesantren sekitar 2km saja. Pulau tersebut dihuni oleh penduduk asli Melayu yang ramah yang mayoritas pekerjaannya adalah nelayan. Rimbunnya pepohonan dengan kedai tempat makan dan keramahan penduduk membuat kita senang mendatangi tempat ini walaupun hanya sekejap saja. Sebuah surau yang ramai dengan anak-anak mengaji, menjadikan tempat yang sejuk dengan pepohonan ini menjadi bertambah sejuk di hati.

 

4. Kompi Senapan Tembeling

Kompi senapan

Kompi senapan

Teluk Bintan yang indah dan strategis adalah suatu tempat yang memiliki banyak keuntungan dari segi lokasi. Kemudahan akses melalui laut ini dijaga dengan ketat oleh sekelompok pasukan tentara yang berpatroli rutin menjaga Teluk Bintan. Di luar itu, kompi senapan ini dapat menjadi salah satu tempat yang dapat dilihat di sekitar Pesantren Muamalah. Di kompi ini ada berbagai sarana outbound di darat dan di air. Kabarnya, di danau buatan kompi senapan ini ada buaya nya tapi tidak perlu khawatir karena tidak mengganggu.

 

5. Masjid Jami Teluk Bintan

Masjid Teluk Bintan

Masjid Teluk Bintan

Masjid yang cukup besar ini memiliki arsitektur yang cukup unik. Berada di pemukiman penduduk dan berbagai fasilitas umum ada di sekitar Masjid ini. Setelah sehari berkeliling, dapat singgah di Masjid ini untuk Shalat dan sedikit berbincang-bincang dengan penduduk sekitar atau pengurus Masjid. Menambah pengalaman akan budaya Melayu dan cara bertutur yang penuh dengan kearifan lokal budaya Melayu yang Muslim dan juga untuk lebih mengetahui suasana di Bintan.

 

6. Pelantar Teluk Bintan

Pelantar Teluk Bintan

Pelantar Teluk Bintan

Sebagai sebuah teluk yang strategis, keberadaan pelantar untuk menunjang merapatnya kapal-kapal, banyak tersedia di Teluk Bintan. Gambar di samping ini diambil mengarah ke darat dari tengah teluk di mana pelantar menjorok sampai jauh ke tengah.  Di tengah ini dapat terlihat begitu dekat Gunung Bintan. Di bagian ujung pelantar ini ada tangga untuk turun ke bawah guna menaiki sampan yang kecil.

 

2 responses on “Pesantren Muamalah Tembeling

  1. TAUFIK R says:

    .MENARIK PESANTREN MUAMALAHNYA. ITU TEMPAT BELAJAR ATAU GIMANA? KALAU MAU MENGOLAH TANAH APA SYRATNYA?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.